Minggu, 26 Mei 2013

keperawatan gawat darurat



keperawatan gawat darurat
A.Definisi
Manajemen Gawat Darurat Dalam sebuah pelayanan kesehatantentunya juga tidak terlepas dari sebuah unit yang menanganikegawatdaruratan dan di rumah sakit biasa kita kenal dengan nama dan istilah Unit Gawat Darurat (UGD). Dan pengertian UGD adalah salah satu bagian di rumah sakit yang menyediakan penanganan awal bagi pasien yang menderita sakit dan cedera, yang dapat mengancam kelangsungan hidupnya. Di UGD dapat ditemukan dokter dari berbagai spesialisasi bersama sejumlah perawat dan juga asisten dokter. Kali ini Blog Keperawatan akan mencoba share sedikit mengenai manajemen gawat darurat ini dan semoga bisa memberikan manfaat.

Pertolongan pertama merupakan pertolongan secara cepat dan bersifat sementara waktu yang diberikan pada seorang yang menderita luka atau terserang penyakit mendadak. Tujuan yang penting dari pertolongan pertama adalah memberikan perawatan yang akan menguntungkan pada orang-orang tersebut sebagai persiapan terhadap penanganan lebih lanjut lagi nantinya bila memang diperlukan.
 

B.Fungsi
·                     Peran dan Fungsi Perawat
·                      Merupakan tingkah laku yang diharapkan oleh orang lain terhadap seseorang sesuai dengan kedudukannya dalam sistem, di mana dapat dipengaruhi oleh keadaan sosial baik dari profesi perawat maupun dari luar profesi keperawatan yang bersifat konstan.§2. Peran Perawat
·                     3. Peran Perawat menurut CHStahun 1989 Pemberi asuhan keperawatan Advokat klien EdukatorPeran Perawat Koordinator Kolaborator Konsultan Pembaharu
·                      Peran Pembaharu§ Peran Konsultan§ Peran Kolabulator§ Peran Koordinator§ Peran Edukator§ Peran sebagai Advokat klien§ Peran sebagai Pemberi Asuhan Keperawatan§4.
·                      Fungsi merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan perannya. Fungsi tersebut dapat berubah disesuaikan dengan keadaan yang ada.§5. Fungsi Perawat
·                      Fungsi Interdependen§ Fungsi Dependen § Fungsi Independen §6. Dalam menjalankan perannyaperawat akan melaksanakanbeberapa fungsi antara lain,
·                      Perawat memiliki peranan yang penting dalam menageman terapi obat , pengaruh dari peranan ini meliputi : Tehnologi menperpanjang usia masyarakat,dan bertahannya mereka yang memiliki kebutuhan Biopsikososial yang banyak dan bermacam macam .Pendekatan perawatan sangatlah penting untuk mencapai keberhasilan klien dalam memakai aturan pengobatan yang diresepkan .pertimbangan –pertimbangan dalam mengunakan obat bebas.§7. PERAN PERAWATDALAM PEMBERIANOBAT.
·                     8. Fungsi perawat dalammemberikan obat.1. Secara mandiri atau independen dimana perawat dapat melakukan tindakan secara mandiri terhadap diagnosa tertentu dan merupakan tanggung jawab perawat. (tindakan perawatan).2. Secara Dependen dimana perawat berkolaborasi dengan team kesehatan lainnya dalam pemberian obat dalam praktek seorang perawat mempunyai hak dan efek dalam pemberian obat.
·                      Perawat harus: * Mempunyai pengetahuan 1.Tentang obat obatan dan kerja obat * Memahami tentang obat –obatan 5. Dosis 6. Reaksi obat 7. Mekanisme tubuh 8. Efek obat§9. Peran dan tanggungjawab perawat dalampemberian obat.
·                     10. 5.Efek samping obat6.Cara pemberian7.Inter aksi obat8.Magna pemberian obat9.Prilaku dan persepsi pasien dalam menerima therapi obat.
·                     11. tugasCoba saudara amati bagaimanatugas perawatan dalam pemberianobat yang ada di DKI jakarta,apakahsudah sesuai dengan aturan yangada , buat laporanya secarakelompok.
·                     C.Aplikasi
·                     
·                     Keperawatan sebagai bagian intergral dari pelayanan kesehatan, ikut menentukan menentukan mutu dari pelayanan kesehatan. Tenaga keperawatan secara keseluruhan jumlahnya mendominasi tenaga kesehatan yang ada, dimana keperawatan memberikan konstribusi yang unik terhadap bentuk pelayanan kesehatan sebagai satu kesatuan yang relatif, berkelanjutan, koordinatif dan advokatif. Keperawatan sebagai suatu profesi menekankan kepada bentuk pelayanan professional yang sesuai dengan standart dengan memperhatikan kaidah etik dan moral sehingga pelayanan yang diberikan dapat diterima oleh masyarakat dengan baik.
lanjut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar