MANAJEMEN KEPERAWATAN
A. Pengertian /
Istilah
a.
Menurut Stogdill :
Proses mempengaruhi aktifitas suatu
kelompok yang terorganisasi dalam usahanya mencapai penetapan tujuan dan
pencapaian tujuan
b. Menurut Gardner:
Proses bujukan dan contoh dimana
seseorang individu atau tim kepemimpinan mempengaruhi kelompok untuk mengambil
tindakan yang sesuai dengan tujuan pemimpin tersebut atau sesuai dengan tujuan
bersama
c.
Menurut Merton:
Kepemimpinan sebagai suatu transaksi
sosial dimana seseorang mempengaruhi orang lain.
d. Menurut Mc Gregor:
Kepemimpinan merupakan suatu
hubungan yang sangat kompleks yang berubah bersama waktu seperti perubahan yang
dilakukan oleh manajemen, serikat kerja atau kekuatan luar.
e.
Menurut Talbott:
Kepemimpinan merupakan bahan vital
yang merubah suatu kerumunan orang menjadi organisasi yang berfungsi dan
bermamfaat.
B.Fungsi
1. Meluaskan pandangan hari ini kemasa
depan
2. Mengetahui posisi diri.
3. Sensitif terhadap masalah dan melihat
pengaruhnya.
4. Mengikuti kecenderungan /
perubahan-perubahan.
5. Mempelajari alat / hal-hal yang
harus dikuasai
6. Berfikir terus-menerus
7. Pendengar yang baik.
8. Mempelajari peraturan.
9. Mencegah merendahkan orang lain.
10. Mengembangkan keadaan yang tidak menentang.
11. Belajar mempercayai.
12. Meningkatkan harga diri.
13. Gembira.
14. Berusaha untuk maju.
15.Menjadi
seorang pemimpin
C.Aplikasi
Pemahaman akan perilaku konsumen
dapat diaplikasikan dalam beberapa hal :
1.
untuk merancang sebuah strategi pemasaran yang baik,
misalnya menentukan kapan saat yang tepat perusahaan memberikan diskon untuk
menarik pembeli.
2.
perilaku konsumen dapat membantu pembuat keputusan membuat kebijakan
publik. Misalnya dengan mengetahui bahwa konsumen akan banyak menggunakan
transportasi saat lebaran, pembuat
keputusan dapat merencanakan harga tiket transportasi di hari raya tersebut.
3.
Aplikasi ke tiga adalah dalam hal pemasaran sosial (social
marketing), yaitu penyebaran ide di antara konsumen.
Dengan memahami sikap konsumen dalam
menghadapi sesuatu, seseorang dapat menyebarkan ide dengan lebih cepat dan
efektif. Dan juga dapat memberikan gambaran kepada para pemasar dalam pembuatan
produk, penyesuaian harga produk, mutu produk, kemasan dan sebagainya agar
dalam penjualan produknya tidak menimbulkan kekecewaan pada pemasar tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar